Jumat, 23 September 2016

PituinStyle



PituinStyle
Hijab • Simple • Stylish

A.    Latar Belakang
Semakin berkembangnya zaman, tidak hanya teknologi saja yang mengalami perubahan. Banyak aspek-aspek kehidupan lain yang mulai menyusul perkembangan teknologi tersebut. Salah satunya adalah dunia Fashion.
Beberapa tahun belakangan ini, muncul trend baru dalam berbusana. Namun bukan busana Barat yang menampilkan sebagian tubuhnya, yang menjadi trend. Pakaian yang sedang menjadi trend di Indonesia sekarang ini adalah pakaian ala Hijabers. Pakaian Muslimah yang modis dengan berbagaii gaya dan pernak-pernik kerudungnya.
Dengan merebaknya trend pakaian ala Hijabers, banyak orang yang memanfaatkan keadaan tersebut sebagai peluang bisnis. Bisnis yang dapat dibangun dari trend tersebut salah satunya adalah bisnis hijab.
Hijab merupakan salah satu fashion yang sangat diminati oleh masyarakat dengan modelnya yang simple dan mudah digunakan, apalagi dengan merebaknya tutorial hijab dengan berbagai model. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk mempercantik diri dengan memakai hijab, bahkan sekarang banyak berdiri komunitas-komunitas hijabers yang menjadi tempat untuk berbagi cerita maupun up-date mengenai trend hijab masa kini.
Bisnis hijab ini memiliki kemungkinan rugi yang cukup kecil karena hijab merupakan produk yang tidak mudah rusak dan tidak akan basi. Penyimpanan dan perawatan yang benar, keterampilan dalam menciptakan variasi baru, desain dan bahan yang nyaman akan membuat hijab tersebut laku walaupun merupakan model lama.
Berdasarkan pemaparan diatas, penulis tertarik untuk memulai berbisnis di dunia hijab. PituinStyle merupakan nama label untuk hijab yang diproduksi.
B.    Langkah-langkah
Dalam memproduksi hijab yang akan dijual, terdapat langkah-langkah yang harus ditempuh, yaitu ;
1.     Pra Produksi
Sebelum memproduksi hijab, penulis perlu memikirkan anggaran biaya, desain, bahan dan model hijab seperti apa yang akan dipasarkan. Untuk mengetahuinya, penulis melakukan survei terhadap beberapa toko kain, baik toko online ataupun offline untuk membandingkan harga dan motif kain yang menarik antara toko satu dengan yang lainnya. Dengan demikian penulis dapat memilih toko mana yang akan dijadikan partner dalam bisnis hijab ini.
2.     Produksi
a.      Bahan yang diperlukan :
1)     Kain
2)     Plastik
3)     Kantong kresek
4)     Label
5)     Selotip (digunakan untuk membungkus hijab apabila akan dikirim melalui jasa pengiriman)
6)     Gunting
7)     Kertas ucapan Terimakasih
b.     Langkah-langkah dalam memproduksi hijab adalah :
1)     Merapihkan pinggiran hijab dengan cara meneci hijab ataupun dengan menjait tepi
2)     Menjahit label hijab
3)     Merapihkan dan mengemas hijab
4)     Hijab siap untuk dipasarkan



C.    Pemasaran
Definisi pemasaran atau marketing dalam Wikipedia merupakan aktivitas, serangkaian instuisi dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat umum.
Pemasaran yang penulis gunakan dalam mempromosikan atau mempublikasikan produk yaitu dengan menggunakan media sosial. Media sosial yang digunakan diantaranya adalah Line, BBM, WhatsApp dan Instagram. Sehingga pembelian hijab dapat dilakukan dengan cara online.
Konsumen yang dijadikan sasaran pemasaran kebanyakan adalah remaja perempuan. Penulis mempromosikan hijab terhadap teman-teman termasuk teman pada media sosial dan pada masyarakat disekitar lingkungan tempat tinggal.
Harga hijab yang dijual pun bervariasi sesuai dengan kualitas dan kainnya. Berikut adalah daftar harga hijab.
No
Nama Hijab
Harga Jual (Rp)
1
Ima Scraft
35.000
2
Denim Daisy
35.000
3
Tyerack
25.000
4
Diamond Crepe
40.000
D.    Rekapitulasi Anggaran
1.     Pembiayaan
Anggaran biaya awal yang dibutuhkan untuk memproduksi hijab adalah sebagai berikut :
No
Uraian
Ukuran
Banyak
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Kain Katun Ima
1,75 x 0,75 cm
4 Pashmina
29.000
116.000
2
Kain Katun Denim Daisy
1,75 x 0,75 cm
4 Pashmina
29.000
116.000
3
Kain Katun Tyerack
1,15 x 1,15 cm
6 Segi Empat
20.000
120.000
4
Kain Diamond Crepe
1,75 x 0,75 cm
4 Pashmina
34.000
136.000
5
Jait

17 Hijab
1.000
17.000
6
Label

120 Lusin
30.000
30.000
7
Plastik
25 x 23 cm
50 Lembar

9.550
8
Kantong Kresek
33 x 26 cm
50 Lembar

10.750
9
Kartu ucapan terimakasih
5 x 10 cm
50 Lembar
50
2.500
Total
557.800
2.     Analisis Keuntungan
Analisis keuntungan merupakan perkiraan keuntungan yang akan diperoleh apabila semua hijab terjual habis.  Berikut tabel rinciannya.
No
Nama Hijab
Banyaknya
Harga Pokok Penjualan
Laba
Harga Jual
1
Ima Scraft
4 Pashmina
Rp. 121.708
Rp. 18.292
Rp. 140.000
2
Denim Daisy
4 Pashmina
Rp. 121.708
Rp. 18.292
Rp. 140.000
3
Tyerack
6 Segiempat
Rp. 122.562
Rp. 27.438
Rp. 150.000
4
Diamond Crepe
4 Pashmina
Rp. 141.708
Rp. 18.292
Rp. 160.000
Total
Rp. 507.686
Rp. 82.314
Rp. 590.000

Jadi, apabila semua hijab terjual habis maka omset yang akan diperoleh adalah Rp 590.000 dengan besar laba Rp. 82.314.



Lampiran

 
Label Hijab

 
Kartu Ucapan Terimakasih

 
Detail Hijab Diamond Crepe

 
Detail Hijab Ima Scraft

 
Detail Hijab Tyerack



 Beberapa foto Konsumen PituinStyle yang diambil dari instagram
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar